Kamis, 28 Juni 2012

Teater SMAN1KA Sukses

Nah.... kalau yang ini atas usulan pelatih kita (bapak Adi Purnomo), beliau mengusulkan kepada kita dan siap untuk melatih kita lagi untuk mengikuti lomba teater dalam Festival Teater Realis II yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Sanggar Lentera STKIP PGRI Sumenep pada Hari Sabtu 23 Juni 2012 di Auditorium Lantai III STKIP PGRI Sumenep.

Dalam teater kali ini kami memerankan cerita tentang sebuah mitos "Bujuk Tamoni". Latihan kali ini benar2 ngebut dan selalu serius, karena kita berlatih hanya kurang lebih 10 hari menjelang hari H. Mengapa demikian...???? yaaa.. itu terjadi karena pada saat itu kita bentrok dengan Ujian Akhir Semester 2.

Pada tanggal 18 Juni 2012 kami latihan sekaligus observasi alam di Pantai Lombang




Pada tanggal 22 Juni 2012, Kegiatan Geladi Bersih


 



Yah.... sayangnya waktu kita tampil pada tanggal 23 Juni 2012 pihak kita tidak mengambil gambar kita....... jadi gk bisa diliat-liat nih..... tapi pastinya bagus banget dah,,, sampe buat merinding gitu.....

Kalau ini waktu penutupan Festival tanggal 24 Juni... kita juga hadir.. Pasti.... Karena kita merebut 5 Piagam sekaligus (Aktris Terbaik, Aktor Terbaik, Naskah Terbaik, Penyaji Terbaik dan Sutradara Terbaik)

Terima Kasih untuk Pak Adi dan Ibu Nina yang telah sabar melatih kita.




Benar-benar,,,, rasa capek pada saat latihan sudah terbayarkan dengan ini.... Rasa bahagia bergelora dalam hati, apalagi kita membawa Nama Sekolah Kita (SMA Negeri 1 Kalianget

Inilah peribahasa kita
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian

SMAN1KA Teruslah Berkarya...!!!!

Rabu, 13 Juni 2012

COMPAS SMAN1KA


XI IPA SATU SMA NEGERI 1 KALIANGET
COMPAS (COMUNITY IPA SATU) 


Sebuah persahabatan yang bermula dari Hongkong eh salah...maksudnya dari pertemanan biasa. Bermula dari satu kesatuan kelas X-1, X-4, X-5 dan X-5 dan X-7 di SMA Negeri 1 Kalianget Kabupaten Sumenep. Maklumlah kita ibaratkan sebuah compi ( eh gimana seh nulisnya ? Kompi, Compi, Compy) ahh pokonya gitulah...lebih tepatnya kita satu kelas yang kelas nya adalah XI IPA 1..bermula dari maen2 biasa selayaknya pertemanan biasa di sekolah yang tiap hari menghadapi tugas dari sang guru-guru tercinta..... hehehe.... 


Nama Compas itu sendiri diambil dari nama singkatan kelas...kan kelas kita tuh XI IPA 1 nah dibuat jadi keren..." Comunity IPA Satu" disingkat jadi COMPAS...... biar keren lah..... IPA 1 gitu loh.. 

mulai dari urusan kecil sampe gede kita selalu kompak...! (ah masa seh..???) yup..kompak ya bukannya kampak...!!! kompak dari segala macam dan segala tek tek bengek lainnya ( bahasa apaan tuh...???)....hingga kita dijuluki ....dijuluki apa yaa...lupa !!!! hehehe haaah pokonya gitu deh...


inilah salah satu kegiatan kita pada waktu pembelajaran....



ini juga pada waktu kegiatan KTS.... 




wah,, yang ini nih.. kebersamaan kita pada waktu kerja bakti di kelas.... 










Jl. By Pass Kertasada Sumenep
Telp (0328) 661920





Selasa, 22 Mei 2012

Teater SMAN1KA

Salah satu bakat terpendam dari siswa kelas XI IPA 1 SMAN1KA (2011/2012) adalah dalam hal berakting.... Eiiitttss.... ada yg kurang,,, bukan cuma XI IPA 1 tapi XI IPA 2 juga mewakili yaitu 2 orang yang paling gokil....

Bakat ini menjadi tersalurkan atas usulan dari ketua kelas XI IPA 1 (Syarib Rama Indradi), yang mengusulkan untuk menampilkan sebuah drama dalam acara perpisahan kelas XII, tepatnya tanggal 08 Mei 2012. Setelah semuanya setuju, Guru sekaligus pelatih kami (Ibu Nina dan Pak Adi) bersedia melatih kami. Kalau tidak salah 25hari sebelum Hari H.


 




Diurut dari kanan
Atas (Syarib Rama Indradi, Fandi Ahmad, Imam Basri, Riki Fajar, Badrul Komar, Lintang Dwi P, Windawati)
Bawah (Azimatul Ulya MD, Zhizy P, Puput R, Ainun Ariska, Septianto)

Alhamdulillah.... penampilan pertama berjalan lancar....



Jumat, 28 Oktober 2011

MAKALAH BAHAN KIMIA DI RUMAH


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
            Latar belakang kelompok kami menulis makalah dengan judul “ Bahan Kimi Yang Ada di Rumah “ yaitu agar kita tahu apa saja dampak dari macam-macam  bahan kimia tersebut dan dapat menghindari dampak tersebut dengan cara menanggulanginya. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui jenis, sifat-sifat, kegunaan, dan efek samping dari setiap produk yang kita gunakan atau kita lihat sehari-hari. Terutama bahan kimia yang ada di rumah. Selain itu Makalah ini kami buat juga untuk melengkapi Tugas Mata Pelajaran Biologi di sekolah.

B. Rumusan Masalah
1. Sebutkan Kandungan dan kegunaan bahan kimia di rumah tangga !
2. Jelaskan Efek samping penggunan bahan kimia di rumah tangga !
3. Jelaskan Macam-macam Bahan Kimia di rumah tangga !

C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui kandungan dan kegunaan bahan kimia di rumah tangga
2. Untuk mengetahui efek samping penggunaan bahan kimia di rumah tangga
3. Untuk mengetahui macam-macam bahan kimia di rumah tangga
  



  
BAB II
PEMBAHASAN

A. Macam-macam Bahan Kimia yang ada di rumah
1. Pembersih
                  Sabun + deterjen dapat membuat lemak dan minyak yg tadinya tidak dapat bercampur dengan air jadi bisa bercampur dengan air. sabun dan deterjen dalam air dapat melepaskan sejenis ion yang memiliki bagian yang suka air (hidrofilik) sehingga dapat larut dalam air dan bagian yang tdk suka air (hidrofobik) lart dalam minyak atau lemak. kita perlu hati-hati memilih bahan pembersih supaya tidak merusak lingkungan. beberapa jenis pembersih sukar diuraikan oleh pengurai. jika deterjen bercampur dengan air tanah yang dijadikan air minum manusia/hewan dapat membahayakan kesehatan. 
2. Pemutih pakaian
                  Digunakan untuk memutihkan pakaian putih yang terkena noda. biasanya mengandung bahan aktif hipoklorit (NaOCl) sekitar 5%. Selain digunakan sebagai pemutih dan membersihkan noda, juga digunakan untuk desinfektan (membasmi kuman). Pada umumnya, bahan pemutih yang dijual di pasaran sudah aman untuk dipakai selama pemakaiannya sesuai dengan petunjuk. Selain dengan noda, zat ini juga bisa bereaksi dengan zat warna pakaian sehingga dapat memudarkan warna pakaian. Oleh karena itu, pemakaian pemutih ini harus sesuai petunjuk.
3.  Pewangi
         Pewangi ada pewangi alami dan pewangi sintetik. pewangi alami biasanya terbuat dari daun kayu putih, kulit kayu manis, batang kayu cendana, bunga melati, dll. sedangkan pewangi sintetik biasanya dalam bentuk kemasan, contohnya : kispray. ada juga pewangi yang mengandung zat - zat yang membahayakan lingkungan maupun kesehatan mahkluk hidup. oleh karena itu, kita harus selektif dalam memilih pewangi. Selain zat yang menimbulkan aroma wangi, pewangi yang dijual di pasaran biasanya mengandung zat-zat lain, seperti alkohol untuk pewangi yang berbentuk cair dan tawas untuk pewangi yang berbentuk padat. Selain alkohol, masih terdapat beragam zat tambahan lainnya yang sengaja ditambahkan ke dalam pewangi agar parfum mudah disemprotkan (zat tersebut berfungsi sebagai propelan). Di antara zat-zat tambahan yang dapat berfungsi sebagai propelan tersebut ada yang dapat mencemari lingkungan. Propelan tertentu jika lepas ke udara kemudian masuk ke atmosfer bagian atas akan merusak lapisan ozon (suatu lapisan di udara bagian atas yang melindungi manusia dari sinar-sinar berenergi tinggi, seperti sinar ultra violet). Untuk itu, kita harus selektif ketika membeli produk berupa parfum, jangan sampai mengandung bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.
4.  Pestisida
         Bahan kimia jenis pestisida erat sekali dengan kehidupan para petani. Pestisida dipakai untuk memberantas hama tanaman sehingga tidak mengganggu hasil produksi pertanian. Pestisida meliputi semua jenis obat (zat/bahan kimia) pembasmi hama yang ditujukan untuk melindungi tanaman dari serangan serangga, jamur, bakteri, virus, tikus, bekicot, dan nematoda (cacing). Pestisida yang biasa digunakan para petani dapat digolongkan menurut fungsi dan sasaran penggunaannya, yaitu:
a.   Insektisida, yaitu pestisida yang digunakan untuk memberantas serangga, seperti belalang, kepik, wereng, dan ulat. Beberapa jenis insektisida juga dipakai untuk memberantas sejumlah serangga pengganggu yang ada di rumah, perkantoran, atau gudang, seperti nyamuk, kutu busuk, rayap, dan semut. Contoh insektisida adalah basudin, basminon, tiodan, diklorovinil dimetil fosfat, dan diazinon. Gambar 8.5 merupakan contoh produk insektisida untuk memberantas nyamuk.
b.   Fungisida, yaitu pestisida yang dipakai untuk memberantas dan mencegah pertumbuhan jamur atau cendawan. Bercak yang ada pada daun, karat daun, busuk daun, dan cacar daun disebabkan oleh serangan jamur. Beberapa contoh fungisida adalah tembaga oksiklorida, tembaga(I) oksida, karbendazim, organomerkuri, dan natrium dikromat.
c.   Bakterisida, yaitu pestisida untuk memberantas bakteri atau virus. Pada umumnya, tanaman yang sudah terserang bakteri sukar untuk disembuhkan. Oleh karena itu, bakterisida biasanya diberikan kepada tanaman yang masih sehat. Salah satu contoh dari bakterisida adalah tetramycin, sebagai pembunuh virus CVPD yang menyerang tanaman jeruk.
d.   Rodentisida, yaitu pestisida yang digunakan untuk memberantas hama tanaman berupa hewan pengerat, seperti tikus. Rodentisida dipakai dengan cara mencampurkannya dengan makanan kesukaan tikus. Dalam meletakkan umpan tersebut harus hati-hati, jangan sampai termakan oleh binatang lain. Contoh dari pestisida jenis ini adalah warangan.
e.   Nematisida, yaitu pestisida yang digunakan untuk memberantas hama tanaman jenis cacing (nematoda). Hama jenis cacing biasanya menyerang akar dan umbi tanaman. Oleh karena pestisida jenis ini dapat merusak tanaman maka pestisida ini harus sudah ditaburkan pada tanah tiga minggu sebelum musim tanam. Contoh dari pestisida jenis ini adalah DD, vapam, dan dazomet.
f.    Herbisida, yaitu pestisida yang digunakan untuk membasmi tanaman pengganggu (gulma), seperti alang-alang, rerumputan, dan eceng gondok. Contoh dari herbisida adalah ammonium sulfonat dan pentaklorofenol.

B. Kandungan dan kegunaan bahan kimia di rumah tangga
Produk pembersih, pewangi, pemutih, dan pembasmi serangga kandungan kimia nya berbeda dengan makanan kemasan.
a.  Bahan kimia dalam produk pembersih
Produk pembersih mengandung bahan kimia yang disebut sabun dan detergen. Sabun merupakan bahan kimia yang terbuat dari bahan alam, seperti minyak dan lemak yang direaksikan dengan bahan kimia lain yang disebut basa. Hasil campuran antara bahan alam dan bahan kimia tersebut menghasilkan senyawa  kimia yang disebut garam karboksilat.
Adapun detergen dibuat dari senyawa kimia bernama alkyl benzene sulphonate (ABS)  yang direaksikan dengan natrium hidroksida sehingga membentuk garam ABS-natrium. Sabun dan detergen terdiri atas dua bagian. Ada yang bersifat hidrofilik(menyukai air) adapun juga yang bersifat hidrofobik(tidak suka air). Para ahli kimia menamakannya sebagai sifat polar dan nonpolar. Pada produk pembersih badan ditambahkan gliserin untuk melembapkan kulit dan disenfektan (TCC/irgasan) yang berguna untuk membunuh kuman. Pada pembersih wajah ditambahkan belerang/sulfur sebagai bahan antijerawat. Pada pasta gigi ditambahkan senyawa flourida untuk mencegah gigi keropos.
b. Bahan kimia dalam produk pemutih
Pemutih pakaian kebanyakan mengandung senyawa klorin, yaitu bahan pemutih bubuk (powder) yang disebut kalsium hipoklorit (kaporit)dan bahan pemutih cair yang disebut natrium hipoklorit. Bahan pemutih akan mengoksidasi kotoran sehingga kotoran akan larut dalam air.
c.  Bahan kimia dalam produk pewangi
Bahan-bahan kimia yang menimbulkan aroma harum buah-buahan, mengandung zat kimia yang dinamakan ester (alkil alkanoat). Adapun menyerap keringat, produk pewangi mengandung zat kimia yaitu senyawa aluminium. Oleh karena kemampuannya dalam menyerap keringat, senyawa aluminium disebut sebagai zat antiperspirant.
d.  Bahan kimia dalam produk pembasmi serangga
Produk pembasmi serangga mengandung bahan kimia, seperti senyawa karbamat, senyawa organofosfat, dan senyawa organoklor

C. Efek samping penggunan bahan kimia di rumah tangga
a.  Efek samping penggunaan produk pembersih dan pencegahannya
Busah sabun dapat di uraikan oleh mikro organisme. Adapun detergen terbuat dari bahan sintetik yang sulit diuraikan sehingga busah detergen dapat mencemari lingkungan. Detergen terdiri  atas senyawa rantai lurus yaitu linear alkyl benzene sulphonate dan senyawa rantai bercabang yaitu alkyl benzene sulphonate.
b.  Efek samping penggunaan produk pemutih dan pencegahannya
Bahan pemutih pakaian umumnya mengandung senyawa klorin. Produk pemutih wajah mengandung senyawa kimia yang bernama hidrokuinon. Dan pemutih wajah lainnya adalah senyawa yang mengandung merkuri atau air raksa. Produk pemutih dapat menyebab kan merusak ginjal.
c.  Efek samping penggunaan produk pewangi dan pencegahannya
Produk pewangi semprot menggunakan suatu zat pendorong, bahan pendorong ini ada yang berupa chlorofluorocarbon. Produk yang mengandung cfc akan lepas di atmosfer sehingga ozon di atmosfer berkurang.
d.  Efek samping penggunaan produk pembasmi serangga dan pencegahannya
Meskipun produk pembasmi serangga digunakan sebagai racun serangga, produk ini juga dapat meracuni tubuh manusia. Senyawa DDT yang terdapat dalam tubuh dalam jumlah tertentu dapat mengakibatkan keracunan.





BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Zat-zat yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari kebanyakan tidak dalam keadaan murni, melainkan bercampur dengan dua atau lebih zat lainnya. Seperti yang telah kita pelajari, campuran suatu zat akan tetap mempertahankan sifat-sifat unsurnya. Oleh karena itu, suatu bahan kimia akan dipengaruhi oleh sifat, kegunaan, atau efek dari zat-zat yang menyusunnya. Kekuatan pengaruh sifat masing-masing zat bergantung pada kandungan zat dalam bahan yang bersangkutan. Banyak ragam bahan kimia yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

B. Saran
         Dalam penggunaan bahan kimia di rumah sebaiknya dengan hati – hati karena dapat membahayakan lingkungan sekitar. Misalnya  jika deterjen bercampur dengan air tanah yang dijadikan air minum manusia/hewan dapat membahayakan kesehatan. 







DAFTAR PUSTAKA









Selasa, 31 Mei 2011

KUCING LUCU

Kucing adalah binatang yang mandiri, dan hidup tanpa tergantung orang lain. Mereka tidak pernah menyerah pada keinginan pemiliknya, sebagaimana dilakukan oleh anjing piaraan. Seperti yang mungkin kalian sering lihat, kucing mengeong bila merasa lapar, menggesekkan badannya ke kakimu bila ingin di belai, mendengkur dengan senangnya bila dielus dan maksud-maksud lain dengan aneka tingkah laku mereka.

Tahukah kalian bahwa kucing memiliki pandangan sempurna pada malam hari?


Ya, bahkan dalam tempat yang temaram binatang berbulu ini dapat melihat. Allah telah menciptakan mata mereka berbeda dari mata-mata lainnya. Dalam gelap pupil matanya membesar dan membulat untuk menerima cahaya sebanyak mungkin. Hal ini menjadikan penglihatannya tajam.

Disamping itu, mata kucing memiliki lapisan tambahan di belakang retinanya. Menembus retina tersebut, cahaya mencapai lapisan ini dan dipantulkan kembali ke retina. Cahaya melewati retina dua kali karena lapisan ini memantulkan cahaya kembali. Dengan demikian, tidak seperti manusia, kucing dapat melihat dengan sangat jelas di tempat temaram maupun gelap.

Pernahkah kalian berpikir mengapa mata kucing menyala di malam hari?

Hal ini berkaitan dengan lapisan tambahan pada matanya yang telah kita kemukakan. Seperti kalian ketahui, lapisan ini memantulkan cahaya layaknya sebuah cermin. Pantulan cahaya inilah yang membuat mata kucing terlihat menyala.

Tahukan kalian ciri-ciri kaki kucing?

Dalam keadaan bahaya, kaki-kaki kecil ini berubah menjadi cakar buas. Yang membuatnya berbahaya adalah kuku tajam yang tersembunyi di balik telapak kakinya.

Mengapa mereka selalu jatuh di atas keempat kakinya?

Kalian telah tahu bahwa kucing selalu jatuh di atas keempat kakinya, sekalipun mereka jatuh dari tempat tinggi. Alasan mengapa kucing jatuh di atas kakinya adalah bahwa mereka menggunakan ekornya untuk menjaga keseimbangan ketika mereka jatuh, dan dengannya menyetel pusat gravitasi tubuh mereka dan mendarat di atas kakinya.
Yang memberikan mereka sifat yang akan menjamin keamanan binatang yang suka memanjat pohon atau berkeliaran di tempat yang tinggi adalah Tuhan Yang Maha Perkasa, Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Sabtu, 18 Desember 2010

TAHAPAN-TAHAPAN DALAM PENELITIAN SEJARAH

TAHAPAN-TAHAPAN DALAM PENELITIAN SEJARAH

A.TAHAPAN PENELITIAN SEJARAH
Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik penelitian dengan tujuan agar dalam melakaukan pencarian sumber-sumber sejarah dpat terarah dan tepat sasaran.Pemilihan topik penelitian dapatdidasarakan pada unsur-unsur berikut ini:
1.Bernilai
Peristiwa sejarah yang diungkap tersebut harus bersifat unik, kekal, abadi.
2.Keaslian (Orisinalitas)
Peristiwa sejarah yang diungkap hendaknya berupa upaya pembuktian baru atau ada pandangan baru akibat munculnya teori dan metode baru
3.Praktis dan Efesien
Peristiwa sejarah yang diungkap terjangkau dalam mencari sumbernya dan mempunyai hubungan yang erat dengan peristiwa itu.
4.Kesatuan
Unsur-unsur yang dijadikan bahan penelitian itu mempunyai satu kesatuan ide.

B.LANGKAH-LANGKAH DALAM PENELITIAN SEJARAH
Setelah menentukan topik penelitian selanjutnya meliputi langkah-langkah sebagai berikut:
1.HEURISTIK (Pengumpulan Data)
Heuristik merupakan langkah awal dalam penelitian sejarah untuk berburu dan mengumpulkan berbagi sumber data yang terkait dengan masalah yang sedeang diteliti.misalnya dengan melacak sumber sejarah tersebut dengan meneliti berbagai dokumen, mengunjungi situs sejarah, mewawancarai para saksi sejarah.
2.KRITIK (VERIFIKASI)
Kritik merupakan kemampuan menilai sumber-sumber sejarah yang telah dicari (ditemukan). Kritik sumber sejarah meliputi kritik ekstern dan kritik intern.
a.Kritik Ekstern
kritik ekstern di dalam penelitian ilmu sejarah umumnya menyangkut keaslan atau keautentikan bahan yang digunakan dalam pembuatan sumber sejarah, seperti prasasti, dokumen, dan naskah.Bentuk penelitian yang dapat dilakukan sejarawan, misalnyatentang waktu pembuatan dokumen itu (hari dan tanggal) atau penelitian tentang bahan (materi) pembuatan dokumen itu sndiri.Sejarawan dapat juga melakukan kritik ekstern dengan menyelidiki tinta untuk penulisan dokumen guna menemukan usia dokumen. Sejarawan dapat pula melakukan kritik ekstern dengan mengidentifikasikan tulisan tangan, tanda tangan, materai, atau jenis hurufnya.
b.Kritik Intern
Kritik Intern merupakan penilaian keakuratan atau keautentikan terhadap materi sumber sejarah itu sendiri. Di dalam proses analisis terhadap suatu dokumen, sejarawan harus selalu memikirkan unsur-unsur yang relevan di dalam dokumen itu sendiri secara menyeluruh. Unsur dalam dokumen dianggap relevan apabila unsur tersebut paling dekat dengan apa yang telah terjadi, sejauh dapat diketahui berdasarkan suatu penyelidikan kritis terhadap sumber-sumber terbaik yang ada.
3.INTERPRETASI (penafsiran)
Interfretasi adalah menafsirkan fakata sejarah dan merangkai fakta tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal. Dari berbagi fakta yang ada kemudian perlu disusun agar mempunyai bentuk dan struktur. Fakta yang ada ditafsirkan sehingga ditemukan struktur logisnya berdasarkan fakta yang ada, untuk menghindari suatu penafsiran yang semena-mena akibat pemikiran yang sempit. Bagi sejarawan akademis, interfretasi yang bersifat deskriptif sajabelum cukup. Dalam perkembangan terakhir, sejarawan masih dituntut untuk mencari landasan penafsiran yang digunkan.
4.HISTORIOGRAFY (Penulisan Sejarah)
Historiogray adalah oses penyusunan fakta-fakta sejarah dan berbagai sumber yang telah diseleksi dalam sebuah bentuk penulisan sejarah. Setelah melakukan penafsiran terhadap data-data yang ada, sejarawan harus sadar bahwa tulisan itu bukan hanya sekedar untuk kepentingan dirinya, tetapi juga untuk dibavca orang lain. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan struktur dan gaya bahasa penulisan nya. Sejarawan harus menyadari dan berusaha agar orang lain dapat mengerti pokok-pokok pemikiran yang diajukan.

PRINSIP-PRINSIP DASAR DALAM PENELITIAN SEJARAH LISAN.
Metode sejarah lisan adalah suatu metode pengumpulan data atau bahan guna penulisan sejarah yang dilakukan sejarawan melalui wawancara terhadap para pelaku sejarah yang ingin diteliti. Di Indonesia metode wawancara dalam penulisan sejarah mulai dikembangkan dengan diawali adanya proyek sejarah lisan yang ditangani oleh Badan Arsip Nasional.
Berkembangnya metode wawancara dalam penulisan sejarah di Indonesia dilatarbelakangi oleh sulitnya menemukan jejak masa lampau berupa dokumen yang sezaman serta makin berkembangnya perhatian studi sejarah yangmengarah ke subyek masyarakat berupa orng kecil dalam peristiwa kecil yang biasanya tidak meninggalkan jejak berupa dokumen.
Wawancara adalah kegiatan melakukan tanya jawab dengan narasumber untuk mendapatkan keterangan tertentu. Wawacara merupakan teknik pengumpulan data yang amat penting dalam penelitian survey selain teknik utama berupa Observasi. Oleh karena itu, dalam penelitian survei, teknik wawancara merupakan pembantu utama dari metode Observasi.

Teknik pengumpulan data dengan wawancara terbagi menjadi tiga macam:
1.Poll Type Interview
Wawancara dialkukan dengan cara mengajukan pertanyaan dengan jawabanyang etalah ditentukan, narasumber tinggal memilih jawaban yang ada.
2.Open Type Interview
Wawancara dilakuakn dengan cara pertanyaan ditentukan terlebih dahulu, sedangkan narasumber dapat menjawab bebas.
3.Nonstructured Interview
Wawancara dilakukan dengan cara pertanyaan ataupun jawaban tidak ditentukan sebelumnya.
Teknik wawancara merupakan teknik yang bersifat pelengkap artinya wawancara digunakan untuk melengkapi data atau informasi yang berasal dari sumber dokumen. amun apabila dumber dokumen tidak ada barulah informasi hasil wawancara dapat dianggap sebagai bahan pokok penelitian.

Beberapa persiapan sebelum melakukan wawancara antara lain:
1.seleksi individu untuk diwawancarai
2.pendekatan terhadap orang yang akan diwawancarai
3.mengembangkan suasana lancar dalam wawancara
mempersiapkan pokok masalah yang akan dikemukakan (ditanyakan)